Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

INFO PENDAFTARAN LTMPT DAN KISI-KISI UTBK-SBMPTN 2023/2024

INFORMASI PENDAFTARAN LTMPT DAN KISI-KISI UTBK-SBMPTN 2023/2024

INFO PENDAFTARAN LTMPT DAN KISI-KISI UTBK-SBMPTN

PENDAFTARAN ONLINE LTMPT DAN KISI-KISI UTBK-SBMPTN 2023/2024

Seleksi SNMPTN 2023/2024 sudah berakhir. Bagi rekan-rekan yang tidak lolos SNMPTN tidak usah berkecil hati dan patah semangat karena rekan-rekan masih bisa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer atau yang sering disebut UTBK untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN.

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ini berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK ) serta kriteria lain yang ditetapkan oleh PTN. Untuk pelaksanaan tentunya menggunakan komputer karena namanya Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan biaya pendaftaran ditanggung oleh masing-masing peserta dan dibantu/disubsidi oleh pemerintah.

Apa tujuan dilakukan UTBK-SBMPTN ini ?

Tujuan UTBK

  • Memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu
  • Memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel yaitu memilih lokasi dan waktu tes.

Tujuan SBMPTN

  • Menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu berdasarkan hasil UTBK dan atau kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN, PTKIN dan Politeknik Negeri
  • Memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memilih PTN, PTKIN dan Politeknik Negeri secara lintas wilayah
  • Membantu perguruan tinggi untuk memperoleh calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan nilai akademik dan atau prestasi lainnya.

Tahapan apa saja yang dilakukan untuk pendaftaran SBMPTN ini ? 

Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2023/2024, secara umum dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

  • Login menggunakan akun LTMPT di https://portal.ltmpt.ac.id
  • Melengkapi Biodata
  • Memilih Program Studi
  • Mengunggah Portofolio
  • Memilih Pusat UTBK
  • Melihat Nomor Pendaftaran
  • Konfirmasi Kartu Peserta
  • Unduh Kartu Peserta (wajib)
Kapan jadwal pendafataran LTMPT dan UTBK ?
Untuk jadwal pendaftaran LTMP serta jadwal UTBK, bedanya utbk sama sbmptn, jurusan saintek sbmptn, informasi pengumuman sbmptn, bagaimana cara pendaftaran utbk, cara membuat akun ltmpt, semua itu dapat dipantau melalui situs https://portal.ltmpt.ac.id atau menghungi pihak sekolah masing-masing.

Dalam mengikuti UTBK-SBMPTN ini rekan-rekan harus benar-benar menyiapkan diri agar dapat lolos pada seleksi UTBK ini. Agar lulus dalam UTBK-SBMPTN ini rekan-rekan terlebih dahulu mengetahui kisi-kisi apa saja soal yang akan diujikan pada UTBK-SBMPTN tahun 2023/2024 ini. Materi yang akan diuji harus dikuasi dan dipahami sebaik-baiknya. 

Disini admin akan membantu memberikan informasi mengenai kisi-kisi UTBK-SBMPTN tahun 2023/2024. Selain itu rekan-rekan juga dapat mencari di internet mengenai kisi-kisi UTBK-SBMPTN, trik lulus UTBK-SBMPTN dan cara pendaftaran SBMPTN.

Apa saja materi dan kisi-kisi UTBK-SBMTN 2023/2024 ini ?

Disini admin akan memberikan Kisi-kisi dan prediksi soal UTBK-SBMPTN 2023/2024. File tersebut dapat di download secara gratis.

Kisi-kisi soal dan pembahasanan SBMPTN jalur SAINTEK

Kisi-kisi soal dan pembahasan SBMPTN jalur SOSHUM

Kisi-kisi soal dan pembahasan SBMPTN jalus Campuran

Informasi lain mengenai SBMPTN dapat dilihat di situs resmi  https://portal.ltmpt.ac.id dan https://www.kemdikbud.go.id/ atau langsung bertanya ke pihak sekolah rekan-rekan.

Sekian informasi mengenai pendaftaran dan kisi-kisi UTBK-SBMPTN tahun 2023/2024. Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan semua.